Senin, 15 Oktober 2007

GINA vs SILUMAN ULAR


Judul: GINA Vs SILUMAN ULAR
Katagori: Petualangan
Artis: Gerdi WK
Desain Sampul: -
Penerbit: ERLINA
Ukuran: 15 cm X 20,5 cm
Tebal: 243 halaman (2 buku)


Cetakan pertama: 1972
Cetak ulang: 2007

GINA Vs SILUMAN ULAR merupakan serial pertama dari perjalanan panjang seorang GINA. Dalam episode inilah diceritakan asal-usul lahirnya seorangpahlawan wanita yang kemudian dikenal dengan nama GINA. Alur dengan panjang 4 jilid dan dijadikan dalam 2 bundel buku.

Meski sebenarnya ini merupakan alur asal-usul seorang GINA, tapi dalam kisah ini tidak begitu menceritakannya secara detail bagaimana GINA tercipta, apa alasannya, siapa yang menciptakan, tidak jelas disini. Karena sosok yang menciptakan GINA dari wujud seorang putri raja yang lemah menjadi sosok baru yang begitu kuat dan sakti mandraguna tidak begitu teruraikan. Yang diceritakan disini hanya, GINA ditolong oleh seorang tua berjanggut diwaktu menjelang kematiannya tiba akibat siksaan oleh ratu Siluman Ular. Setelah itu begitu saja GINA hadir dengan sosok baru seorang wanita sakti pilih tanding.

Hasina, adalah nama asli dari GINA, sebelum dia mengalami perubahan, ketika dia masih seorang putri raja, Sultan Jazid. Raja dari kerajaan TURABA, di tanah Arab. Kerajaan yang begitu saja berubah sejak kehadiran seorang perempuan cantik yang diperkenalkan dengan nama Siti Syarifah. Dan ini merupakan titik awal dari tragedi sebuah kerajaan. Namun juga merupakan sebuah anugrah bagi seorang putri raja yang lemah lembut yang kemudian dapat berubah menjadi seorang yang sakti tanpa tanding, GINA.

Dalam episode pertama ini diceritakan bagaimana sepak terjang seorang Siluman Ular yang ingin menguasai seluruh kerajaan, dengan bersekongkol bersama sang menteri kerajaan tersebut, yang juga menginginkan tampuk pemerintahan tertinggi, seorang RAJA.

Meskipun cita-cita mereka sempat tercapai, namun pada akhirnya tetap saja dikisahkan bahwa pencapaian tertinggi yang diraih dengan kelicikan tetap saja akan dapat diruntuhkan kembali oleh kekuatan kebaikan dan kebenaran. Itulah sekiranya pesan moral yang ingin disampaikan oleh GERDI WK sebagai kreator cerita ini.

Pada episode pertama, 1972, GERDI WK telah menunjukkan kelasnya, terutama pada bagian illustrasinya yang begitu indah. Figut-figur yang tersaji begitu cantik-cantik dan tampan-tampan. Illustrasi lingkungan (setting) nya pun kelihatannya dibuat dengan baik, sehingga terlihat jelas dalam taip frame yang tersaji pemandangan latar belakang yang begitu mendukung alur cerita.

Dari keistimewaan tersebut, masih ada beberapa hal yang terlihat begitu mengganggu pada episode cetak ulang ini. Bentuk balon kata dan huruf sering kali tidak mendukung tampilan panel. Sepertinya dari unsur ini tidak begitu diperhitungkan dengan baik. Akibatnya, keindahan illustrasi yang tersaji menjadi tidak utuh lagi, karena kehadiran bentuk dan ukuran balon kata yang tidak sesuai. Untuk sebuh komik, kehadiran balon kata adalah sesuatu yang mutlak. Harus ada. Namun kehadirannya harus tetap dapat mendukung tampilan gambar dan alur cerita itu sendiri.

Terlepas dari semua itu, kehadiran cetak ulang komik GINA ini adalah satu pertanda baik bagi industri komik lokal karya anak negeri. Bagi pembaca komik Indonesia generasi baru, maka buku ini dapat memberikan pengenalan bagaimana dan siapa GINA pada awalnya. Sehingga tidak terjadi kesenjangan dalam mengikuti petualangan barubya yang sudah berseting di Indonesia dan dengan tokoh GINA yang baru. Gina yang sudah ber-transformasi.

Harapan lainnya adalah, semoga dengan kehadiran komik cetak ulang ini dapat memberikan gambaran pada generasi baru pencinta komik Indonesia bahwasannya kita memiliki pelaku-pelaku (artist) komik yang handal dari jaman lampau, juga merupakan kondisi nostalgia bagi penggemar komik Indonesia yang lahir pada masanya, masa kejayaan Komik Indonesia.

1 komentar:

Eendah mengatakan...

Halo.. salam kenal
Saya lagi cari2 buku ini
Dimana ya saya bisa cari...?
kalo ga keberatan, kasi info ya ke indahtea@gmail.com
atau
indahtea.multiply.com