Sabtu, 22 Desember 2007

GUNDALA PUTERA PETIR :: Perhitungan di Planet Covox

Judul : Perhitungan di Planet Covox
Artist : Hasmi
Cerita : Hasmi
Penerbit : Bumi Langit
Ukuran : 14cm X 19cm
Tahun : 2005
Cetakan I : 1969
Tebal : 68Halaman



Perhitungan di Planet Covox, merupakan lanjutan petualangan SANCAKA dalam menjadlani takdirnya menjadi GUNDALA. Ini adalah petualangan keduanya semenjak superhero ini diciptakan. Dan kisah ini merupakan lanjutan dari perjalanan GUNDALA untuk membantu dan menyelamatkan Kaisar CRONOS dari penculikan yang dilakukan oleh pesawat yang tidak dikenal.

PLANET COVOX, kesinilah Kaisar CRONOS dibawa oleh Menteri TELERN. Penculik itu bertujuan untuk menyerap energi petir yang dimiliki oleh Kaisar CRONOS. Tujuan utamanya adalah untuk memanfaatkan energi listrik alamai tersebut sebagai pembangkit tenaga listrik untuk pembuatan peluru meteor terkendali. Jika tujuan tersebut dapat dicapai maka cita-cita untuk menguasai semua planet diharapkan dapt diraihnya.

Di planet ini pulalah akhirlnya GUNDALA terdampar akibat ketidaksengajaannya menekan tombol pelempar dari pesawat, ketika dia segang mengatasi guncangan yang dialami pesawat yang ditumpanginya. Di planet ini pulalah GUNDALA kemudian betemu dengan Pangeran MLAAR yang secara kebetulan menyelamatkannya ketika dia terlempar ke luar dari pesawat kerajaan Petir yang emmbawanya untuk melakukan pengejaran penculikan terhadap Kaisar CRONOS.

Persahabatan yang tidak disengaja terjadi antara GUNDALA dan Pangeran MLAAR, setelah pertemuan yang tidak disengaja pula. Pangeran MLAAR yang sedang mengejar pemberontak kerajaannya, bertemu dengan GUNDALA yang sedang melakukan penyelamatan terhadap Kaisar CRONOS. Dan trnyata mereka mengejar orang yang sama yaitu Menteri TELERN.

Seperti kata pepatah, “sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui”. Seperti itulah petualangan GUNDALA kali ini. Dia dapat menyelamatkan Kaisar CRONOS dan sekaligus dapat mengembalikan tahta pada Pangeran MLAAR yang sempat dikuasai oleh Menteri TELERN. Bukan itu saja, pada petualangannya kali ini GUNDALA sempat betemu dan berkenalan dengan AQUANUS, salah satu superhero Bumi yang juga diceritakan sedang melakukan perjalanan antar planet.

Dari segi logika fantasi, kembali HASMI sang kreator menunjukkan kelihaiannya meramu cerita. Membuat hal-hal yang tidak mungkin terjadi menjadi mungkin. Dia juga menciptakan istilah-istilah yang disesuaikan dengan kondisi. Perhatikan saja contoh berikut, untuk menghitung masa (kala/waktu) di planet COVOX digunakan istilah PUTAR MATAHARI yang berarti TAHUN. Binatang-binatang besar di planet itu diberi nama CURHEXOURUS dan DANGGLEMUS. Satu bukti idenya terus mengalir. Seperti itulah dunia komik, dia memiliki logikanya tersendiri, yang terpenting adalah bagaimana meramunya sehingga menjadi berkesan wajar.

Perhatikan juga nama-nama para tokohnya, tokoh antagonis utamanya diberi nama Menteri TELERN (bersal dari bahasa jawa Teler). Pangeran penwaris tahta kerajaan COVOX diberi nama Pangeran MLAAR (pangeran ini bisa memanjangkan tangannya). Dan tokoh superhero yang baru diperkenalkan bernama AQUANUS (dilihat dari fisik kostumnya, mencirikan dari mahkluk air).

Tidak ada komentar: